Update Terbaru

6/recent/ticker-posts

CARA MEMBUAT FLASHDISK BOOTING WINDOWS


Terimakasih telah berkunjung ke blog saya,, kali ini saya akan berbagi salah satu trik jitu mengatasi flashdisk yang tidak bisa digunakan untuk menginstal windows di NB/Lpt anda.
Kita biasanya mengalami kerusakan pada OS, entah karna viruz atau karna windowsnya udah  lansia.. J tapi ketika ingin instal ulang lewat FD, ternyata Fdnya gk terbaca di system bootnya... mau instal lwt DVD ehh,,, Nbnya gk da DVD ROOMnya, gk jadi dc.... terpaksa harus ngeluarin isi dompet untuk istal di PC Center... kacian kacian kacian...

Kebayakan dari kita lebih suka instal windows menggunakan media FD daripada menggunakan DVD/CD, selain karena prosesnya lebih cepat, tidak tergantung dari kualitas optik yg dimiliki CD/DVD room,  instal via FD juga meminimalisir kegagalan saat instalasi berlangung.
Tapi taukah anda bahwa tidak semua FD bisa digunakan untuk menginstal windows.... kenapa???? Karena partition primary sebagian FD tidak mendukung di system boot... Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memformat ulang Flashdisk agar bisa terbaca saat Booting berlangsung.... langsung ke TKP:
  1. Colokkan USB Flaskdisk anda. (masukin ke usb port yah, jgn ke tempat lain).
  2. Tekan Tombol WIN+R, ketik cmd dan klik OK.
  3. Ketik diskpart dan tekan ENTER.
  4. Ketik list disk, tekan ENTER dan pilihlah yang mana adalah USB flashdisk anda, hati2 jangan salah pilih nanti salah2 yg keformat adalah disk yang lain. jikalau anda punya hanya 1 harddisk makan USB flaskdisknya adalah disk1.



  1. Ketik select disk 1 dan tekan ENTER.
  2. Ketik clean dan tekan ENTER.
  3. Ketik create partition primary lalu tekan ENTER.
  4. Ketik select partition 1 dan tekan ENTER
  5. Ketik active dan tekan ENTER.
  6. Ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER
  7. Ketik assign dan tekan ENTER
  8. Ketik exit dan tekan ENTER.
  9. Masukkan disk DVD windows XP/7/8  dan copy lah semua isi DVD tadi ke USB Flaskdisk anda.
Booting komputer anda melalu USB Flashdisk, setting malalui bios komputer anda, pastikan boot nya melalui USB Flashdisk, apabila langkah2nya betul, maka proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk.


Nahhhh,,, sekarang anda sudah punya FlasDisk yang bisa buat instal semua jenis OS,,, tapi tentu saja jika mau instal OS gk cukup dengan FD doang, tetapi perlu master Osnya,,, bagi yang pengen dapetin All Master OS dengan harga murah silahkan klik 
DISINI


Posting Komentar

12 Komentar

  1. Kok Pas exit nya lama .. banget ya ..
    apa emang lama .. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau exit gk butuh waktu lama, yang lama saat formatnya,,, ya bisa sampe 20 menita.

      Hapus
  2. apa fd untuk kapassitas vol tidak berubah , maksud saya jika fd size 14 GB apa mngkin berkurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membuat partition primary tidak memakan banyak ruang di FD, biasanya berkurang tidak lebih dari 1Mb, bahkan terkadang tidak berkurang, malah bertambah. saya pernah alami di FD toshiba 8GB (bawaannya 7,78Gb) setelah format dan creat partition menjadi 7.82Mb.

      Hapus
  3. bos kenapa langkah2 yg saya lakukan seperti diatas tidak mempan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gk mempan gimana??
      udah banyak fd yg saya format pake cara d atas dan hasilnya semua bisa d gunakan untuk boot instalasi windows.

      jika fd sudah terbaca saat boot namun tidak bisa memilih driver penyimpanan instalasi windows, berarti ada file yg corup atau termakan virus pada file instalasinya. coba d copy ulang filenya ke FD sodara.

      Hapus
  4. makasih... main ke sini ya... semuaadadisini100.blogspot.com

    BalasHapus
  5. nanya gan.. kalau misal fd bootable yang kita buat itu diisi 2 master os atau lebih bisa pa gak gan?? dan kalau memang bisa apakah kita hrus sendirikan masing2 os menggunakan folder??

    BalasHapus
  6. nanya mas, kalo semua udah diformat.. lalu itu copy file windows nya ke flashdisk pake aplikasi khusus semacam wintoflash atau tinggal copy paste aja

    BalasHapus
  7. Kinanda@ 1 FD untuk satu OS, ndk bisa lw d simpanin 2 os. Karna tiap os punya autorun yg hampir sama. Jangan simpan osnya d dlm folder, pastekan saja langsung k FDnya tanpa folder supaya autorun OSnya bisa d jalankan saat booting.
    Langsung kopas saja, sy sndri kopyx cuma pake winrar doang cox OSnya ada d dlam winrar.

    BalasHapus
  8. Gan... saya pake tutor kayak diatas kok mlah jdi error flashdisk sya.. pas wktu ngopi file isonya... tiba2 error, tulisannya berubah jadi simbol2 aneh, trus wktu diklik flashdisknya malah keluar tulisan "please insert" gtu gan... gmn gan solusinya?

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak. Gunakan bahasa yang baik.