Download Resume KB 1 Modul Qur'an Hadis PPG Guru PAI
Resume KEGIATAN BELAJAR 1 : ALQURAN DAN METODE MEMAHAMINYA
Bagi rekan-rekan guru PAI yang sedang melaksanakan kegiatan PPG, tentunya dipusingkan dengan tugas yang menumpuk dengan deadline yang ketat. berikut kami sajikan beberapa file hasil resume mimin untuk membantu rekan-rekan sekalian dalam melaksanakan tugas.
Namun sebelumnya perlu diingat bahwa sebaiknya rekan-rekan sekalian tetap membaca dan mempelajari modul-modul PPG yang ada dengan seksama dan serius. Memahami modul sangat diperlukan untuk dapat menjawab tes formatif modul dan tes akhir modul agar di akhir kegiatan bisa memperoleh hasil maksimal dan mencapai nilai ketuntasan.
Memahami modul tentunya bermanfaat ketika Ujian Pengetahuan (UP) pada akhir kegiatan PPG sebagai penentu kelulusan.
Resume modul Kegiatan Belajar yang mimin bagikan dapat rekan-rekan edit agar lebih baik dan sesuai dengan instruksi dari dosen. Jadi, relkan-rekan sekalian jangan Anda unggah di LMS PPG apa adanya agar tidak terdeteksi plagiasi.
PENDALAMAN MATERI
(Lembar Kerja Resume Modul)
A.
Judul Modul :
ALQURAN DAN METODE MEMAHAMINYA
B. Kegiatan Belajar : Kegiatan Belajar 1 (KB 1)
C. Refleksi
NO |
BUTIR REFLEKSI |
RESPON/JAWABAN |
1 |
Peta Konsep (Beberapa
Istilah
Dan Definisi) Di Modul Bidang Studi |
1. Al-Qur’an
adalah firman Allah yang bersifat mukjizat yang diturunkan kepada nabi dan rasul terakhir melalui perantara
malaikat Jibril, ditulis dalam berbagai mushaf, ditransimisikan
kepada kita secara mutawattir, bernilai 2. Ayat Muhkamat adalah ayat yang mudah diketahui maksudnya, mengandung satu makna dan dapat
diketahui secara langsung tanpa memerlukan keterangan
lain. 3.
Ayat mutasyabihat adalah ayat-ayat yang maknanya tidak
atau belum jelas dan untuk memastikannya tidak
ditemukan dalil yang kuat. 4.
Tafsir menurut bahasa berarti
menjelaskan, sedangkan menurut istilah adalah ilmu yang
membahas tentang Alquran dari segi pengertiannya terhadap
maksud Allah sesuai dengan kemampuan manusia. 5. Takwil menurut bahasa
berarti kembali, sedangkat menurut Al-Jurjani Takwil berarti Mengalihkan lafaz dari maknanya yang tampak kepada makna tersembunyi
yang 6. thuma’ninah artinya artinya adalah TENANG. Tenang dalam hal ini maksudnya bukan
dalam jangka waktu lama melainkan sekejap sehingga ibadah yang dilaksanakan
tidak terkesan terburu-buru, tergesa-gesa dan jauh dari kekhusyukan. 7.
Ulum al-Quran adalah Ilmu yang mencakup
pembahasan-pembahasan yang berhubungan dengan Al-Qur'an dari segi sebab
turunnya, pengumpulan dan urutan-ururannya, pengetahuan tentang ayat-ayat
makkiyah dan madaniyyah, nasikh dan mansukh dan lain- lain. 8. al-idhah berarti menjelaskan 9. al-bayan berarti menerangkan. 10. al-kasyf berarti menyingkapkan 11. asbab al-nuzul adalah suatu yang
menjadi sebab turunnya satu atau beberapa ayat al-qur'an yang terkadang
menyiratkan suatu peristiwa, sebagai respon atasnya atau penjelas terhadap
hukum-hukum ketika peristiwa itu terjadi. 12. Ayat
makiyyah dapat dipahami sebagai
ayat-ayat yang 13. Madaniyyah adalah ayat-ayat yang turun di Madinah atau turun setelah
hijrah. 14. Qiraat adalah perbedaan cara baca Al-Quran (dialek) 15. nasikh wa mansukh adalah merupakan salah satu dari pembahasan ilmu al Qur'an. 16. ra’yu artinya pendapat/akal. 17. Terjemah
harfiyyah yaitu mengalihkan
lafaz-lafaz dari satu bahasa kedalam lafaz-lafaz yang serupa dari bahasa lain
sedemikian rupa sehingga susunan dan tertib bahasa
kedua sesuai dengan susunan dan tertib bahasa pertama. 18. Terjemah tafsiriyyah yaitu menjelaskan makna
pembicaraan dengan bahasa lain tanpa terikat dengan tertib
kata-kata bahasa asal atau memperhatikan 19. Tadabbur artinya penghayatan terhadap
ayat-ayat Alquran dengan maksud untuk membuka hati dan pikiran manusia. |
2 |
Daftar materi bidang studi yang sulit dipahami pada modul |
1.
Penjelasan
tentang ayat-ayat yang muhkam dan mutasyabih harusnya diberikan beberapa
contoh ayat agar mudah dipahami dan dibedakan. 2.
Perbedaan dari
tafsir, ta’wil dan terjemah mungkin akan lebih baik jika dibuatkan dalam
bentuk tabel agar lebih mudah untuk dipahami. |
3 |
Daftar materi yang sering
mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran |
1.
Saat
menjelaskan pengertian dan perbedaan dariTafsir, ta’wil dan Terjemah jika
tidak menguasai dengan contoh-contoh penerapannya. |
0 Komentar
Berkomentarlah dengan bijak. Gunakan bahasa yang baik.